Thursday, August 03, 2006

Pesan Bapak Saat Aku Beranjak Dewasa

Saat saya masuk SMP, almarhumah bapak pernah berpesan, sebuah pesan yg terngiang sampai saya lulus menjadi ST.

"Kalau diajak kenalan sama orang laki di jalan, jangan mau. Kalau orang baik, kenalannya di tempat yg baik, di sekolah (karena teman sekolah), di kantor (karena teman kantor), dan ngajak ketemunya juga bukan di mal, tapi di rumah yg perempuan saat ada orang tua dan saudara, tidak hanya berdua. Jangan mau diajak kenalan sama sembarang orang di jalan, di mal, di bioskop, atau tempat publik lain yg tidak terjamin kebenarannya."
(Waktu itu belum kenal MIRC, ICQ, YM, dkk... mungkin kalau bapak tau, akan ditambahkan, jgn juga kenalan sama orang gak jelas di YM, diboongin nanti...)

Meskipun simpel, tapi penuh makna, terutama saat saya harus memilih calon suami. Saya tantang dia datang langsung ke rumah, bertemu ibu, dan paman-paman (karena bapak sudah tidak ada saat itu). Orang yg serius, akan bertindak dg serius juga. Kalau menunda-nunda, bermalas-malasan... Nah, warning!!!

Bukan jamannya lagi kesengsem sama orang karena tampang, harta, dan kebaikan perilaku yg semu... Waktunya untuk bersandar pada realita, dan berpegang pada aturan agama, agar selamat dunia akhirat...

"Sesungguhnya, wanita baik-baik itu hanya untuk laki-laki baik-baik..." Ada tertulis di Al-Qur'an, lalu mengapa ragu? Kalau kita sebagai wanita memperbaiki diri, akhlak dan ilmu, insyaalloh dapat jodoh terbaik pula... Jaminannya langsung dari 4JJI SWT lho...

No comments: