Tuesday, October 10, 2006

Piket Lagi... Lagi-lagi Piket...

07/10/06
Piket! Piket paling menyenangkan adalah piket Sabtu, karena Seninnya libur, jadi gak perlu terjebak dalam rutinitas Senin : jalanan macet, kereta yg penuh sesak, pekerjaan yg tiba-tiba mbludak! Hanya saja piket Sabtu penuh dengan kengerian ”gangguan di detik terakhir akan pulang”, yg mengakibatkan ”extended working hour” (kalo di hari kerja biasa mah sering banget. Temen2 cewe yg kosannya deket kantor malah sering pulang di atas jam 9 malam! Huweks!). Dan hari itu gangguan paling menegangkan adalah jatuhnya 17 trunk di beberapa daerah (tangerang, semanggi, gambir, buish, dan tanjung priok). Dan orang yg paling menyebalkan adalah petugas care centre yg ”kurang lihai”. Persoalan yg sama sudah mendapat jawaban yg sama sejak Jumat sore, namun terus menerus ditanyakan lagi dan lagi. Heeeh...
Hari Sabtu saya kira tidak perlu beli tiket di awal, karena penumpang balik ke Bogor pastinya gak seramai kalau hari kerja, karena yg perginya dari Bogor pun Cuma sedikit. Tapi perkiraan saya ini salah, karena sewaktu pulang, saya harus berdesakan di depan loket. Hanya satu loket yg dibuka dan itu untuk karcis ekonomi dan ekspres! Hebat deh St Gondangdia ini. Yang lebih hebat lagi calon penumpangnya, gak ada kesadaran sama sekali buat antri! Saya yg biasa langsung berdiri di belakang orang terbelakang dari antrian karuan bingung, kenapa yg beli karcis ini gak pake antrian tapi rebutan langsung di depan loket? Orang yg baru datang pun gak langsung ngantri di depan saya, tapi langsung rebutan di depan saya! Barbar! Bisa dibayangkan kalo ini adalah pembagian BLT, bisa kacow dunia persilatan. Padahal waktu sudah menunjukkan pukul 16.15! Jadwal kereta Pakuan saya jam 16.14, yg pastinya agak ngaret dikit (kalo bukan hari kerja biasanya telatnya gak Cuma beberapa menit dan kadang malah selalu tepat). Saya lalu merasakan kekesalan si penjaga karcis kalau kita bayar dengan uang besar, karena ibu di depan saya yg membayar dengan uang 50ribu untuk karcis Pakuan 11ribu. Petugas loketnya bilang, ”Ada seribu, bu? Cepetan bu, ini keretanya udah di Gambir.” Halaaah, saya langsung aja nyedek di belakang ibu itu, mengalahkan orang yg ada di kanan kiri loket. ”Bogor, Pak!” Untungnya ibu itu punya seribu, kalo nggak? Lagian salah siapa buka loket kok Cuma satu, paling nggak buka 2 lah, eko dan exp, walaupun sepi penumpang, tetep aja itu kan standar pelayanan. Aneh... Petugas itu pun tampaknya agak sedikit bingung antara mengambil kembalian, dan memilah karcis yang sesuai dengan pesanan si pembeli. Aduh, ini bisa jadi fraud lagi, siapa tau saking banyaknya pembeli di loket, dia salah ambil karcis, yg beli exp dikasih eko? Bisa rugi bandar penumpang....
Tapi kereta sampai di Bogor kurang dari 1 jam, walaupun datang telat jam 4.20 sore. Ternyata Bogor sedang diguyur hujan lebat dengan angin kencang! Padahal payung saya sudah ”agak” rusak. Untungnya masih bisa digunakan dg ”selamat” sampai deket rumah dan naek beca. Walaupun setelah turun dari beca sih payungnya bener-bener rusak, patah, pun dihantam angin kencang, dan alhasil saya basah kuyup sampe rumah. Alhamdulillah juga ada tukang beca yang mau ngangkut saya, biasanya hujan besar tukang-tukang beca itu ”jual mahal” mengurung diri di balik tirai becanya. Ini yg mau namanya Mang Engkos, kebetulan masih tetangga, suka bebersih di kebon, dan waktu saya nikah, dia yg jagain ”properti” di depan rumah. Atas jasanya, dia dpt uang lebih dari tarif biasa dong, tanpa maksud merusak harga pasar.... :D

No comments: