Wednesday, October 04, 2006

Morning Blues

Morning Blues - No HP, no helm, dan ibu yg mengesalkan Oct 4, '06 10:51 AM
for everyone
Pagi ini bangunnya pas adzan Subuh... Astaghfirulloh, gak sahur deh... Mungkin kecapean karena semalem hunting popok, halaaah alesan...hehehe (gak ngeliat kalo stok udah nipis dan habis...bis...bis). Berangkatnya juga buru-buru dan masih terkantuk-kantuk. Helm asal aja menclok di kepala, secara jaraknya deket, tapi banyak polisi dan lewat daerah "polisi iseng" deket pohon asem arah Pasar Anyar. Jalanan udah mulai macet, jadi selap selip sana sini deh motornya. Karena dibonceng suami tercinta, percaya ajalah, bukan tukang ojeg yg ngejar setoran, tapi ngejar kereta! Hahaha...

Sampe di parkiran belakang stasiun, ikutan masuk sampe ke parkiran. Pas mau nyopot helm...
Saya : "Euleuh, helm sayah ka manah nyah?"
Suami : "Emang tadi pake?"
Saya : "Pake, tadi dipenclokin di kepala kok"
Langsung deh diketawain sampe ngakak-ngakak ma misua sampe ke loket tiket masih juga ngakak dia (sampe duduk di kereta masih ngikik2 dink kalo inget). Innalillahi...

Sampe di gerbong 5, mau ngeluarin HP buat cerita ke ibu di rumah soal "insiden" ini. Ealaaaah HP-ne kari kabeh... gubrags. Jadi inget kalo semalem Pleki udah masuk ke tas GSM lagi dicharge, cuma karena suami terusan tlp malem2 pulang dari bukbernya Sony Ericsson, jadilah keluar lagi tu Pleki dari tas. Dua hari sudah dua HP itu ketinggalan di rumah... Alhamdulillah in one side sih, jadi gak terlalu "sibuk" di kantor ngangkatin HP juga extension juga. Hehehee

Pas pintu mau ditutup, ternyata yg duduk di sebelah saya adalah seorang ibu dengan anak laki-lakinya, udah cukup besar, SD mungkin (emang SD libur yah? yg jelas udah bukan Balita-Anda deh). Tadinya sih dipangku ibunya, cuma karena bangku saya itu masih bisa buat 1 orang lagi, jadinya suami agak bergeser mepet ke temen sebelahnya biar anak itu bisa duduk. Dan ternyata anaknya maunya ngadep ke jendela, tanpa membuka sepatunya. Uuuuugh udah sebel aja, bisa jadi rok dan kemeja saya jadi korban sepatu kotornya nih, padahal kan blm tentu bersih dari najis yg bikin sholat gak sah... Dan seperti anak yg setipenya, dia pun gak bisa diem, gerak terus, ngoceh ini itu dan mukul-mukul jendela. Ibunya mah tenang weeeeh. Saya ngajak suami pindah ke gerbong laen, daripada puasa-puasa ngeromet. Tapi suami ogah.

Pas sampe di Citayam kereta berenti, masih aman, gak ada penumpang laen yg "mengkudeta" bangku anak itu. Banyakan bapak-bapak, ibu-ibunya udah pada dapat duduk di tempat laen. Di Bojong, ada ibu-ibu yg berdiri di depan anak itu sambil terbatuk-batuk. "Sepenyelidikan" saya sih, ibu dan anak ini cuma pegang satu karcis, jadi seharusnya salah satu berdiri. Tapi ibunya weeeh... Di Cilebut kereta berenti lagi, gak ada tambahan ibu-ibu yg berdiri di depan anak itu.

Haaa pas pemeriksaan karcis, yg ngasihin karcisnya anaknya. Salutnya, pak kondektur bilang,
Kondektur : "Itu tadi karcis anaknya bu?"
Ibu : "Iya"
Kondektur : "Kalo gitu anaknya dipangku dong bu."
Ibu : "Gak mau anaknya dipangku."
Kondektur (ngomong ke anaknya) : "Dipangku sana ya dipangku."
(Si anak menurut kalo sama kondektur, dan berdiri di depan ibunya, tetep gak mau dipangku. Ibu yg tadi berdiri pun duduk)
Kondektur (ke ibu yg bawa anak) : "Bilangin bu, jatah kursinya untuk 7 orang. Kasian kan ibu itu berdiri padahal beli karcis."
Nah.... gini seharusnya kondektur kereta. Bisa tegas menegakan hak dan kewajiban di kereta. Gak cuma rajin nerima "sogokan" freeraiders.

Ibu itu bikin saya jengkel dg menjawab, "Gak mau anaknya dipangku."

1. Ibu itu masa gak bisa sih nerangin ke anaknya, "Nak, ibu hari ini tidak bawa cukup uang untuk bayar 2 karcis, jadi kamu dipangku aja yah. Ato mau gantian duduk sama ibu ya? Kasian ini jatah duduk penumpang lain yg punya karcis."
2. Ibu ini secara tidak langsung mendidik anaknya menjadi calon freeraider... Dari kecil udah diajarin gak beli karcis tapi bisa duduk enak.
3. Kalo ada ibu-ibu yg suka kesel gak dapet gantian dari bapak-bapak ato anak muda, sedikit banyak mungkin karma karena dulu anaknya mereka perlakukan seperti ini... hehehehe...

Anyway, salut buat pak kondektur.
Kalo saya bawa Auliya naek kereta (setelah dia bisa duduk) saya selalu belikan dia karcis, biar dia bisa duduk. Kalo ada penumpang laen yg minta jatah Auliya, saya tinggal bilang, "Dia beli karcis juga" dengan menunjukkan karcisnya. Biasanya kalo ke Jakarta PP naek kereta, perginya berempat, saya, suami, ibu, dan Auliya. Semuanya punya karcis satu orang satu, nyari tempat duduknya yg kapasitas 4 orang. Jadi kalo Auliya ngantuk, bisa bobo selonjor tanpa mengganggu penumpang laen, paling bapanya yg berdiri... Tapi kalo dia gak dibelikan karcis, dia akan ada di pangkuan saya ato bapanya... Biar disiplin ini terbawa sampai dia besar, tau mana yg benar dan mana yg salah, tau mana hak, mana kewajiban. Gak "mengkudeta" hak orang lain. Ini kan cuma masalah karcis dan tempat duduk di kereta, kalo kebiasaan kecil ini berimbas ke kebiasaan lainnya? Bisa jadi tiran dia nanti...

Duh, ibu-ibu, ayo dong lebih care dg pendidikan anak, jgn menyepelekan anak kecil, karena si kecil adalah peniru ulung dan pelajar yg paling cepat menangkap pelajaran, pun hanya dengan melihat!

No comments: