Friday, September 29, 2006

Kereta Banyak Cerita

Kemaren pulang agak telat, liftnya pun nunggu lama, untung kalo ojegnya mah ada. Tapi akhirnya sampe juga di stasiun, alhamdulillah. Karcis udah beli dari pagi, jadi tinggal melenggang aja, eh bukan melenggang ding, lari... Gawat kalo sampe ketinggalan kereta, bisa sejam lagi baru ada jadwal dan itu pun kata cerita orang suka gangguan.

Pas melewati loket, antrian udah panjang, dan ada pengumuman, "Informasi untuk kereta Pakuan Express tujuan Bogor, saat ini berangkat Juanda." Hebatnya saya percaya! - sebagai info aja nih, kalo nanya "Keretanya udah di mana?" di loket, petugasnya jarang mau jawab, jadinya langsung aja lah lewat, daripada menambah panjang antrian kalo ngotot nunggu jawaban. Ato kalo pun dijawab ya ngasal aja. Wong udah dihujat beberapa penumpang tetep gitu kok... Ndak ngaruh toh? Laen kalo nanya sama yg meriksain karcis di pintu masuk, suka dijawab, tapi ya itu kadang bener kadang nggak, pernah ditanya, "Bojong udah lewat blm pak?" dijawabnya "Itu bentar lagi" Ternyata halo-halonya bilang baru berangkat Mangga Besar! Udah tergopoh-gopoh, eh masih jaoh... Niat dia bikin saya kurus. Kalo tanya sama penjaga "pos" di atas, yg biasa bikin halo-halo, lebih valid walaupun harus tanya sama yg pegang mic, jgn sama sembarang orang yg nangkring di pos itu. Karena saya pernah tanya sama selain orang yg pegang mic "Pakuan stg 6 udah ke arah Kota, Pak?" dijawab "Belum" dan saya pun menunggu di jalur arah Kota. Ternyata tunggu punya tunggu ada halo-halo kalo tu kereta udah berangkat Juanda! Gile... sprint lah itu ke sebrang, walaupun biasanya jarak Juanda - Gondangdia itu kaya dari Kota - Juanda, secara banyak "setopan" di sekitar Gambir! Pernah juga halo-halonya salah, dibilang "Perhatikan jalur 2 akan segera masuk Pakuan AC tujuan Bogor" dan yg nongol malah Bekasi Express... Halaaaah cupu... Paling valid kalo nanya sama temen yg biasa naek kereta di jadwal yg mau kita naek, dan dia naeknya dari Kota/Juanda/Gambir! hehehe... gak bakalan salah deh.

Balik lagi ke cerita tadi. Saya memperlambat kayuhan kaki karena dibilang masih Juanda. Untungnya gak terlalu lambat, karena begitu sampai di jalur 2, ada kereta expres yg berenti, dan mirip sama Pakuan yg biasa saya naekin. Saya tanya bapak-bapak yg mau naek "Ini kereta ke mana Pak?" dijawab "Bogor, emang ibu mau ke mana?" haaaaah kereta BOGOR? Lah pan katanya masih di JUANDA? Ini kok dah GONDANGDIA? Aaaah jangan2 karena puasa, jadi kedengerannya Juanda, padahal bilang jalur 2 (pengalaman biasa sih emang corongnya itu kalo gak gemeresek, mati2, ato ya petugasnya maksa ngumumin sesuatu pas "kereta Jawa lewat" yo ora kerungu tho pak, banteran suara sepure...). Akhirnya saya pun "melompat" masuk kereta. ALhamdulillah gak sepenuh 2 hari kemaren, masih bisa buka lapak di bawah.

Pas koran udah tergelar dan mau duduk di "shaf" kedua, bapak yg di belakang (nyandar ke pintu kereta, senyaman duduk di bangku.. hhehe) kedengeran bilang gini, "Lah, kan udah ada jatahnya?" Tanpa menengok, saya mbatin sendiri, "Ada jatahnya? Waduh, jgn2 saya dikira hamil?" (hehehehe jatah yg dia bilang itu saya asosiasikan dg jatah duduk ==> hamil! Padahal bisa jatah apa aja sih, cuma saya asosiasikan gitu secara dia gak mau ngegeser kakinya buat saya nebar lapak... hehehe).

Keretanya juga lumayan cepet... Sampe di Citayam udah dapet duduk. Ada seorang ibu yg dari tadi berdiri di depan bangku samping lapak saya, tadinya saya kira paling emang males duduk di bawah. Nah pas di Citayam itu kebetulan yg kosong dua, jadinya dia duduk di sebelah saya. Oalaah, ternyata bumil toh. Hmmm mungkin dia ya yg diomongin sama bapak-bapak tadi? hehehe udah kegeeran nih... Jadi inget 2 hari yg lalu saya ngelapak bareng ibu-ibu hamil tua. Dibilang bapak-bapak yg berdiri deketnya buat duduk di kursi khusus, dia bilang, "Ah, males saya, Pak. Di sini aja. Udah ada orangnya." Bapaknya bilang, "Bilang hamil bu, pasti dikasih, masa nggak." Ibunya ngotot, "Ah, kemaren saya udah berdiri di sana, dicuekin, Pak." Saya kira berdiri saja lain dengan bicara kan ya? Karena buat beberapa orang, ada yg GEMUK itu tampak seperti HAMIL dan ada yg HAMIL itu tampak seperti GEMUK. Gak ada salahnya mencoba bicara. Walaupun emang "tabiat" penumpangnya gitu, udah tau bangku khusus kok ya didudukin juga, alasannya ntar kalo yg berhak dateng saya berdiri, tapi yg namanya duduk enak biasanya lupa berdiri... hehehe. Oya, ibu hamil yg barusan duduk itu sepertinya duduk dengan agak kesel, jadinya sedikit "menjatuhkan" dirinya ke bangku dan sedikit "nangkring" di kaki saya (maklum space terbatas sedangkan besar badan kan relatif Jadinya saya yg tadinya kasian agak sebel juga, untung puasa....

Sampai di stasiun Bogor jam setengah 6 kurang 10 menitan, dijemput suami dan Auliya tercinta... Alhamdulillah. Langit saat itu mendung, namun mendung tak selalu pertanda hujan akan tercurah dari langit. Sampai rumah tetap kering...

Pagi ini saya ketemu sama Bu Nurma, penumpang Pakuan pulang 16.16 dan Bojonggede express 17.10, sama seperti saya, yg bilang, "Iya tuh, dibilangnya di Juanda, eh baru aja selese ngomong udah dateng keretanya..." Haaaa ternyata saya gak salah denger!!! gubrags deh...

No comments: