Wednesday, September 13, 2006

Dan Dia Pun Naik Angkot Gratis

Saya naik angkot 06 Parung-Merdeka untuk menuju BNI, dan duduk di bangku 4. Di bangku 7 sudah ada seorang bapak dan 3 orang ibu yg dua diantaranya membawa anak kecil. anak yg digendong persis di depan saya sangat tertarik dengan dompet biru saya dan memegang talinya sampai ibunya berteriak, ”Kiri..” Di bangku empat hanya ada saya dan seorang ibu dengan bayinya. Saat bapak yg duduk di bangku 7 paling ujung belakang turun di Pasar Anyar, dia memberikan beberapa keping uang receh pada ibu di sebelahnya. Supir angkot berkata, ”Bu, yang mau ke pasar silahkan di sini.” Namun kedua ibu itu bilang, ”Nggak.” Saat angkot berjalan beberapa meter dan sampai di pohon asem depan PGN Bogor (suatu tempat yg masuk di radio Megaswara sebagai tempat polantas melakukan penilangan untuk mengeruk ”uang damai”) yang tidak begitu jauh dari tempat di mana sang supir angkot bilang, ”Bu, pasar di sini,” kedua ibu itu pun turun, sepertinya keduanya saling kenal. Saya tidak mendengar apa yg diucapkannya pada sang supir angkot, namun saya mendengar gerutuan supir angkotnya, ”Heee kumaha sih si ibu, ari nyokot heula duitna ka pasar mah iraha rek balikna?!! Kumaha si ibu teh.” (Heee gimana sih si ibu, kalo ngambil uangnya dulu ke pasar kapan kembalinya? Gimana si ibu ?). Kedua ibu itu terlihat berjalan santai, yg ada dalam pikiran saya adalah merogoh isi kantong, jangan-jangan ilang? Halaaaah kejam sekali pikiran saya. Yang jelas kedua ibu itu tidak terlihat buru-buru untuk mengambil uangnya ”di pasar”. Mungkin kalau mau nunggu ya sok, kalo nggak ya masalahlu bang angkot! Hehehe... Kejadian ini sudah dua kali saya alami. Yang sekali dulu, supir angkotnya ”keukeuh sumeukeuh” bin ngotot nungguin ibu yg katanya mau ngambil uangnya dulu di pasar. Ibu itu emang keliatan masuk ke Pasar Anyar, nyelip di antara kios-kios, tapi tunggu punya tunggu sih gak balik lagi, gak tau juga kalo udah 15 menit dia baru balik. Yang jelas supir angkotnya akhirnya nyerah juga nunggu. Kalo supir angkot yg ini, langsung cabut, gak nunggu lagi.... Amal lah ya, bang. Ato kalo gak ikhlas ya apalin aja mukanya, besok2 jangan diangkut lagi... Hehehe...

No comments: