Friday, April 27, 2007

Play Dough, Kenangan Masa Kecil

Gara-gara di milis BA ada yg nanya resep bikin play dough (saya kira tadinya adonan kue apa, taunya...) jadi teringat kenangan masa kecil...

ada yang tahu resepnya play dough yang bisa di bikin sendiri pakai tepung itu????

Waktu di WGC pernah diajarin. Pake terigu sama garam dapur mba. campur terus kasi air uleni terus menerus sampai kalis kalo udah jadi baru kasi pewarna. Pewarnanya khusus, beli di gramed yang kalo kena baju bisa ilang dan dicampurin ke adonan warnanya tetep bagus.

kalau aku cuma pakai tepung beras ketan ditambah pewarna makanan terus air secukupnya dan sedikit minyak supaya play dough nya agak licin. Tetapi dak bisa di pakai lama2 alias harus dibuatin terus setiap mau main karena cepat rusak (berjamur).

Cuma tepung, air, garam plus pewarna (pewarna kue aja). Dah diuleni taruh dulu di kulkas. Baru bisa dipake.

itu kan bisa dibentuk macem2... digiling tipis trus dicetak2 kayak bikin kue kering juga bisa... makanya cocoknya buat anak di atas 3 tahun yg udah gak demen masukin benda2 ke mulut lagi


baru denger tuh ada playdough yang bisa dimakan??!!! setahu ku sih kalo play dough yang buatan pabrik gak ada yang bisa di makan, paling safe aja dari segi pewarna dan bahan doughnya..tapi bukan untuk di makan....play dough sih bahasa kerennya untuk "lilin malam" jaman saya kecil dulu....ya bisa untuk latihan motorik halusnya si kecil sambil balajar bentuk dan warna...begitu deh kira2

aku punya 1 set play dough ini, tapi blom sempet dibuka,s ecara masih bingung ini mainan apaan sih?? kok katanya bisa dimakan???

bukan maksudnya untuk dimakan tapi kalau termakan tidak berbahaya karena non toxic, tapi tidak semua playdough sih yang aku tahu yang merk nya Play-Doh. Mainnya ya buat dibentuk macam2 sesuai kreativitas n imaginasi si anak, kalau beli yang satu set biasanya suka ada cetakan nya atau gunting2an atau roller nya dll.

Dulu, waktu masih kecil, saya senang bermain "lilin maenan" apa ya namanya, yg jelas warna warni (tapi warnanya gak pernah cerah, selalu gelap, merah tua, hijau tua, biru tua, hitam... dan begitu terus gak pernah berubah sampe sekarang. Saya masih suka liat di Galura, deket rumah, mau beliin buat Auliya takut dimakan! Hihihi). Selain senang karena sensasi memegangnya, saya juga senang baunya. Selain itu saya senang bisa membentuk apa saja yg saya mau. Entah bagaimana, saya malah sering berulang kali minta dibelikan lagi, kalau bisa yg besar (ada yg ukurannya lebih besar), tapi mamah selalu memberikan yg kecil-kecil, harganya 2500 kalo gak salah dulu itu, ato lebih murah ya? Lupa juga. Cuma kalo lagi gak sempet keluar, mamah suka bikinin tepung maenan, saya blm tau dulu kalo disebutnya play dough. Yang jelas dari tepung terigu, gitu kata mamah. Saya suka liat pas mamah bikin di dapur rumah 70. Setelah bikin satu adonan besar, terus mamah bagi-bagi, dikasih pewarna, mirip sama warna lilin maenan. Tapi pewarnanya pewarna makanan. Maeninnya gak sama dg lilin maenan, kalo tepung maenan ini dicetak-cetak pake cetakan kue kering, mamah yg beliin, bentuknya macem-macem, ada bebek, beruang, hati, lingkaran... Lama-lama setelah saya makin besar, tepung maenannya bukan dimaenin tapi digoreng, jadi tepung goreng... enak juga kok, gurih, cuma ditambah gula dan garem aja. Hihihihi....

No comments: